Penyebab Anak Nakal dan 5 Cara Mengatasi Kenakalan Anak yang Susah Diatur

Kenakalan anak memang menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh setiap orang tua, anak merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Allah untuk dijaga dan dirawat, maksud dari kata dijaga ialah dijaga dari segala macam kejahatan dan dijaga dari segala pergaulan yang dapat mengakibatkan anak cenderung melakukan perilaku yang tidak wajar atau menyimpang dari aturan yang ada.

Biasanya kenakalan anak terjadi pada usia remaja, mengatasi kenakalan remaja yang susah di atur menurut sebagian orang tua gampang-gampang sulit.

Para orang tua juga sering mencari solusi atau cara mengatasi anak nakal di sekolah, karena di sekolah anak sering bertengkar dengan teman satu kelasnya maupun dari siswa kelas lain, bahkan hingga yang terparah yaitu tawuran dengan pelajar atau siswa dari sekolah lain.


Penyebab anak nakal dan cara mengatasi anak yang nakal serta susah diatur

Memang pada masa-masa remaja anak selalu berusaha ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa dia mempunyai jiwa yang muda dan pemberani, namun inilah yang membuat anak salah dalam menanggapi perihal tersebut dan mengakibatkan anak terjerumus kepada kenakalan sehingga susah di atur oleh orang tua.

Baca juga : Ayo bersama hidup sehat dengan 3 langkah saja


Penyebab anak nakal sangatlah beragam misalnya :

1. Kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua

Orang tua adalah faktor utama terbentuknya kepribadian seorang anak, ada salah satu pepatah yang mengatakan bahwa "buah yang jatuh tidak akan jauh dari pohon dimana ia jatuh" dari pepatah ini dapat disimpulkan bahwa penyebab anak nakal faktor utamanya dari orang tua.

Orang tua memiliki peranan penting dalam mendidik anak untuk menjadi orang yang baik, namun banyak juga dari orang tua yang selalu mengajarkan perilaku yang tidak baik di depan anak, apalagi anak yang masih dibawah umur dan masih labil, tentunya hal tersebut akan menimbulkan rasa ingin tahu anak sehingga membuatnya meniru apa yang orang tua mereka lakukan.

2. Salah memilih teman dan lingkungan

Teman dan lingkungan juga menjadi faktor penting yang dapat mengubah sifat anak, penyebab anak nakal dapat dipengaruhi oleh teman mainnya atau teman sekolah, biasanya mereka diajak oleh temannya untuk melakukan hal yang melanggar aturan dan norma yang berlaku di masyarakat atau sekolah dimana dia tinggal seperti minum-minuman keras (khamr) atau mabuk-mabukan, menjadi pengguna narkoba, pergaulan bebas, mencuri, perampokan, balap liar, dan lain sebagainya.

Selain memilih teman yang salah penyebab anak nakal juga disebabkan oleh faktor lingkungan, ketika seseorang salah dalam memilih lingkungan yang tepat maka disitulah letak kehancuran mereka, misal saja seorang remaja tinggal di daerah yang terkenal banyak melakukan kejahatan, biasanya mereka ingin meniru apa yang orang lain lakukan karena setiap hari melihat tindakan tersebut.


3. Penggunaan gadget yang salah

Pada era zaman modern ini gadget memang sering digunakan oleh setiap orang, pada zaman modern ini gadget tidak memandang usia, pengguna gadget bahkan anak yang masih balita, biasanya anak senang menonton konten video di YouTube.

Konten di YouTube juga banyak yang bersifat negatif, jika konten tersebut ditonton oleh anak yang masih berusia balita atau dibawah umur maka kecendrungan anak tersebut meniru sangatlah besar, maka dari itu sebaiknya orang tua selalu mengawasi setiap aktivitas yang dilakukan anaknya apalagi yang masih dibawa umur.

Selain konten YouTube yang dapat mempengaruhi sifat anak, game juga menjadi faktor berubahnya watak dan cara bicara seseorang, apalagi game online yang populer sekarang misal saja game mobile legends, banyak yang mengeluarkan kata-kata kotor saat bermain game tersebut yang tidak sepantasnya untuk diucapkan, apalagi sering lupa sama ibadahnya, padahal ibadah itu wajib dan tidak boleh ditunda-tunda, jadi para orang tua harus membatasi waktu anak untuk bermain game asal jangan melarangnya.

Selain penyebab anak nakal diatas, amati terus juga akan memberikan tips atau cara untuk mengatasi anak yang nakal agar dapat mudah di atur.

Baca juga : Kesalahan yang membuat anda ditolak ketika nembak lawan jenis

Berikut cara mengatasi anak yang nakal dan susah diatur :

1. Berikan perhatian dan kasih sayang kepada anak

Perlu orang tua ketahui bahwa kenakalan anak dapat terjadi karena kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua atau orang terdekat mereka, dalam beberapa kasus broken home yang menjadi sasarannya adalah seorang anak dimana ia melihat orang tuanya bertengkar bahkan melakukan tindak kekerasan di hadapan seorang anak, sebagai akibatnya anak mencari pelampiasan dengan melakukan hal yang melanggar aturan seperti minum-minuman keras, berjudi, merampok dan lain-lain.

Para orang tua harus selalu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak mereka agar mereka selalu tersenyum ketika melihat keluarganya harmonis dan tenteram, jika ada pertengkaran sebaiknya jangan ditunjukkan di depan anak karena dapat mengganggu watak dan mental seorang anak apalagi dia menginjak masa-masa remaja.



2. Jauhkan dari lingkungan dan teman yang tidak baik

Penyebab anak nakal dan susah di atur salah satunya dari faktor pergaulan dan lingkungan dimana dia tinggal, jika anak salah dalam memilih teman maka ia akan terjerumus ke perilaku-perilaku yang tidak baik seperti yang dilakukan oleh teman mereka.

Para orang tua harus sadar bahwa teman yang memiliki perilaku tidak baik dapat menjerumuskan anak mereka ke hal yang tidak baik juga, maka sebaiknya selalu awasi teman bermain mereka, pilih teman yang baik meski mereka terlahir dari keluarga yang kurang mampu.

Selain dari faktor pergaulan, faktor lingkungan juga mempunyai pengaruh besar terhadap perilaku seseorang, misal saja anda tinggal di daerah yang rawan kejahatan, anak anda sering melihat apa yang mereka lakukan, maka dari itu kecendrungan untuk ingin tahu serta mengikuti perilaku tersebut sangatlah besar.

Pilihlah lingkungan yang baik dan damai serta dapat mengantarkan keluarga anda kepada kebaikan dan ketentraman hidup, apabila terlanjur terjebak dalam lingkungan yang buruk, awasi pergaulan dan aktivitas anak anda agar mereka jauh dari yang namanya kenakalan.

3. Perdalam ilmu keagamaan untuk memperbaiki akhlak anak

Mengapa anak perlu di perdalam ilmu agama ? karena dengan ilmu agama dapat membentuk sifat seseorang untuk menjadi lebih baik, dengan ilmu agama anak mampu membedakan hal yang baik dan hal yang buruk.

Mereka dapat berpikir apabila seseorang melakukan keburukan maka balasan di dunia dan di akhirat pastinya akan buruk, namun jika seseorang melakukan kebaikan maka balasan di dunia dan di akhirat akan baik juga sesuai dengan yang tercantum di kitab suci Al-Quran bahwa barang siapa yang melakukan kebaikan sebesar biji dzarrah maka hal itu akan dipertanggung jawabkan, begitupun sebaliknya.

Selain memperbaiki sifat seseorang, akhlak juga penting untuk membuat kepribadian seseorang menjadi lebih baik, biasanya dari sekolah dasar sudah diajarkan akhlak yang baik agar dapat membentuk kepribadian seseorang yang sopan serta baik.

4. Jangan selalu memanjakan anak 

Terlalu memanjakan anak juga tidak baik bagi masa depan mereka kedepannya, mengapa demikian ? mereka sudah terbiasa dengan hal-hal yang mudah di dapat sehingga saat mereka mengalami hal-hal terburuk di kehidupannya, mereka akan terkejut dan bingung untuk mengatasi masalah tersebut.

Apalagi ketika anak melakukan kesalahan orang tua malah memanjakan mereka, hal itu akan menyebabkan anak tidak ingin memperbaiki kesalahan mereka karena orang tuanya tidak menegurnya, alangkah baiknya orang tua menuruti apa yang anak minta namun dengan perjanjian mereka harus meraih prestasi serta ikut aturan yang di buat oleh orang tua.

5. Buatlah peraturan dalam keluarga

Peraturan memang harus dibuat dalam suatu keluarga, misal saja peraturan tidur tepat waktu, sholat tepat waktu dan jam bermain yang dibatasi, peraturan seperti ini dibuat untuk membentuk sifat kedisiplinan anak serta untuk membuat waktu yang digunakan tidak terbuang sia-sia.

Peraturan dalam keluarga tersebut harus berjalan dengan baik, dan tentunya ada sanksi yang diberikan ketika ada anggota keluarga yang melanggarnya.

Sanksi yang diberikanpun harus beragam sesuai dengan kesalahan yang diperbuat asal tidak terlalu berat.


Catatan :
Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Allah kepada setiap orang tua, maka dari itu anak harus dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Penutup

Bagaimana bermanfaat tidak cara dan tips diatas untuk mengubah sifat dan perilaku anak menjadi lebih baik ? tanamkan ilmu dan perilaku-perilaku kebaikan kepada anak sehingga membuat mereka meniru apa yang ditirukan oleh orang tuanya, selalu pantau pergaulan dan aktivitas mereka agar tidak terjerumus kepada perbuatan yang melanggar aturan baik di masyarakat maupun di sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Anak Nakal dan 5 Cara Mengatasi Kenakalan Anak yang Susah Diatur"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel