10 Tips Hemat Untuk Anak KOS

10 Tips Hemat Untuk Anak KOS - Setelah menempuh pendidikan SMA (Sekolah Menengah Atas) biasanya banyak dari para lulusan SMA ingin melanjutkan bekerja dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni kuliah/perguruan tinggi.

Kuliah atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi identik dengan merantau karena biasanya universitas-universitas besar terdapat di kota-kota besar maka dari itu KOS menjadi pilihan terbaik calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di daerah orang.

KOS juga identik dengan kemandirian dimana kita akan jauh dari orang tua dan harus pandai untuk menghemat uang saku jika tidak ingin membebankan orang tua di kampung, maka dari itu sebagai calon mahasiswa sekaligus calon anak KOS kamu harus tahu beberapa poin penting dalam menghemat uang, di pembahasan kali ini saya akan membahas sedikit tips bagi kamu untuk bisa menghemat keuangan, simak tipsnya di bawah ini.

10 Tips Hemat Untuk Anak KOS

Baca Juga : 5 Tips Hadapi SBMPTN Agar Lolos di PTN Impian

10 Tips Hemat Untuk Anak KOS :

1. Memilih Kamar KOS Sesuai Kemampuan

Dalam memilih kamar KOS kita diwajibkan untuk dapat mengimbanginya dengan kemampuan, memang finansial menjadi patokan utama dalam memilih kamar KOS, tujuan utama adalah memilih kamar KOS dengan budget murah namun fasilitas lumayan dan yang penting unsur 3K wajib terpenuhi, yakni Kebersihan, Keamanan, dan Kesehatan, karena nantinya 3 unsur tersebut akan sangat berpengaruh pada proses belajar kita kedepannya.

2. Teman KOS yang Amanah 

Saat merantau di tempat yang jauh dan hidup sendiri biasanya kita butuh teman untuk menjadi teman sekamar KOS, dengan pertimbangan biaya kamar KOS akan menjadi lebih murah karena bisa patungan, selain itu kita juga bisa meminta tolong teman sekamar jika sakit, butuh bantuan atau hanya sekedar butuh pinjaman uang jika kita kepepet, maka dari itu kamu wajib banyak bersosialisasi dengan teman sekampus atau sejurusan, dan pandai-pandailah memilih kawan yang baik dan amanah, pastikan temanmu menjadi orang pertama yang ada di sampingmu saat kamu butuh.

3. Maksimalkan Fasilitas yang Tersedia di KOS

Di kota-kota besar biasanya banyak fasilitas kamar KOS yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat uang saku kamu, terutama fasilitas dapur yang bisa kamu maksimalkan untuk memasak sendiri dan mesin cuci untuk mencuci baju kamu.

Dengan fasilitas tersebut kamu dapat menghemat uang sakumu karena tidak perlu cuci ke laundry dan makan ke warung. Selain menghemat, kemampuan memasak anda juga akan terasah dengan memasak sendiri, selalu bersyukur dan nikmati apa yang telah kamu dapatkan.

4. Makan di Warung yang Terjangkau

Jika kamu sangat sibuk sehingga tidak cukup waktu anda untuk memasak sendiri carilah warung dengan harga yang sangat terjangkau namun kesehatan makanannya tetap terjamin, jika dirasa kurang menyehatkan carilah yang lain meski dengan harga murah, karena sehat itu mahal dan tidak bisa kamu ganti dengan apapun.

Cara terbaik untuk mengetahui makanan yang murah kamu perlu melakukan survey warung makan yang ada di sekitar kamu, survey juga kesehatan makanannya dan pastikan jauh dari jalan raya dimana banyak debu dan polusi kendaraan.

5. Mencari Pekerjaan Untuk Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan adalah cara terbaik bagi kamu yang sudah tipis uang simpananmu, kerja apapun yang penting berkah dan halal, namun pastikan juga pekerjaanmu tidak mengganggu waktu kuliahmu, karena tujuan utama kamu adalah kuliah bukan untuk bekerja.

Banyak juga pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan banyak waktu dan tenaga namun penghasilan yang didapat cukup menjanjikan seperti Blogger dan YouTuber, namun untuk cara ini diperlukan konsisten untuk mencapai zona nyamanmu.

Saat menjadi mahasiswa dan jauh dari orang tua dirimu diasah untuk mandiri dan kreatif dapat menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orang tua sehingga kamu dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mencari peluang kerja yang nantinya akan menjadi pintu kesuksesanmu nanti.

6. Berpuasa Sunnah Senin Kamis

Bagi yang beragama muslim ini menjadi salah satu cara yang cukup baik, selain mendapatkan pahala kamu juga bisa menghemat uangmu untuk kebutuhan yang lain, puasa tidak akan membuatmu sakit malah akan membuat tubuh kita semakin sehat.

Puasa juga dapat menjadi cara kita lebih dekat dengan Allah dan lebih mensyukuri nikmatnya, serta tahu susahnya orang fakir yang masih susah untuk mencari makan sehari-harinya.

7. Program Beasiswa

Sebagai seorang mahasiswa anda dituntut untuk selalu aktif, pintar, tangkas, dan cermat dengan begitu nantinya kamu bisa dengan mudah mencari program beasiswa dan mendapatkannya.

Selalu tingkatkan nilai akademik untuk mempermudah kamu dalam mendapatkan beasiswa, selain untuk mengurangi biaya kuliahmu kamu juga akan membanggakan orang tuamu dengan prestasi yang telah diraih, cari juga program bidik misi agar semua kebutuhan kuliah ditanggung oleh pemerintah, bukan cuma itu kamu nantinya juga akan mendapatkan uang saku per 3 bulan yang bisa kamu pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

8. Buat Uang Kas Pribadi

Kadang hal ini banyak disepelekan oleh banyak mahasiswa, kadang juga mereka banyak membuang uang receh yang seharusnya mereka simpan, nah nantinya uang receh yang kamu telah kumpulkan bisa untuk membayar tagihan WiFi bulanan ataupun untuk membeli kebutuhan kuliah.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan uang kas pribadimu untuk bersedekah ke orang yang lebih membutuhkan daripada dibuang-buang, atau saat kepepet tidak memiliki uang sekali setidaknya kas pribadi dapat membantu meskipun hanya sedikit.

9. Teman yang Banyak 

Tujuan anda kuliah bukan hanya untuk meraih kesuksesan untuk masa depan, karena kuliah bukan 100 persen jaminan kamu akan sukses, pandai-pandailah bergaul dan mencari teman dimana saat kamu berada di zona jenuh mereka mungkin bisa memberi sedikit semangat atau motivasi.

Dengan lingkungan teman yang baik nantinya kamu juga akan mendapatkan sedikit manfaat setelah wisuda, baik dalam mencari pekerjaan bersama atau meminta bantuan saat kamu susah dalam masalah finansial.

Jauhilah teman yang boros dan berperilaku buruk karena bukan malah memberi dampak positif namun akan membawa banyak dampak negatif dan malapetaka bagimu, terutama teman yang boros dan sering menghambur-hamburkan uangnya.

10. Selalu Beri Uang Cash dan Pas Saat Membeli Sesuatu

Kedengaran sangat sepele namun ini menjadi salah satu penyebab boros saat menggunakan uang, dengan membawa uang dengan nominal besar biasanya akan terpecah menjadi nominal kecil yang banyak dan kamu akan menganggap uang kamu seakan-akan masih banyak sehingga pengeluaran tidak terkontrol.

Sisihkan setidaknya sedikit dari uang jajan kamu untuk ditabung, jadi dengan begitu kamu akan terbiasa hidup hemat saat jauh dari orang tua, belilah sesuatu yang memang sifatnya sangat dibutuhkan.


Okelah sob sampai disini saja pembahasan menarik kita kali ini, jangan lupa kunjungi juga beritabawean.com untuk mendapatkan berita tambahan dan bagikan artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Nantikan artikel menarik selanjutnya dan terimakasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Hemat Untuk Anak KOS"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel