11 Tips Merawat Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

11 Tips Merawat Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak - Siapa yang tidak bahagia saat mendapatkan laptop baru dan dengan harga mahal tentunya, namun kamu jangan terlalu bahagia dulu pasalnya laptop yang baru kamu beli harus dirawat dengan baik, dan merawat laptop tidak semudah yang kamu bayangkan.

Laptop adalah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran mengingat semua pekerjaan harus diketik dan membutuhkan laptop sebagai alat untuk mengetik, laptop juga rentan terhadap kerusakan apalagi di bagian keyboard dan LCD, dimana keyboard laptop sangat rentan akan debu yang bisa berakibat rusaknya keyboard laptop, dan LCD laptop juga rentan terhadap tempat dingin/lembab yang dapat mengakibatkan LCD laptop berjamur sehingga akan mengalami masalah pada layarnya seperti white spot dan dead pixel.

11 Tips Merawat Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

Maka dari itu perlu penanganan khusus saat merawat laptop yang baru kamu beli agar awet dan tidak cepat rusak, sebelum terlambat bacalah beberapa tips merawat laptop yang telah kami rangkum dibawah ini.

Baca Juga : 3 Daftar Laptop Murah Untuk Mahasiswa Harga 3-5 Juta

Tips Merawat Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak :

1. Selalu Simpan Laptop di Tempat Yang Kering

Laptop sangatlah rentan rusak jika disimpan di tempat yang basah/lembab, penyebab utamanya karena jamur yang akan menempel pada laptop, jamur ini nantinya akan berakibat kerusakan pada LCD laptop dan mesinnya, oleh karena itu selalu simpan laptop di tempat yang kering.

Namun maksud kering disini adalah tempat yang tidak lembab bukan berarti harus dibawah terik panas matahari, malah itu akan membuat laptop cepat tambah rusak karena kepanasan dan akan menyebabkan laptop menjadi overheat.

Jika suhu laptop sudah overheat atau sangat panas direkomendasikan untuk membeli cooler pad untuk menurunkan panasnya sehingga peforma laptop akan kembali normal seperti biasanya. Harga cooler pad sendiri berkisar antara 100-300 ribu tergantung material dan kipas yang tersedia, semakin bagus dan solid material bahannya akan semakin mahal harga cooler padnya.

2. Jangan Gunakan Laptop Diatas Kasur

Cara ini mungkin sangat sering dilakukan oleh banyak pengguna laptop, apalagi bagi mereka yang sedang mengerjakan tugas sambil tiduran di kasur, namun hal ini menjadi penyebab laptop rusak karena jalur keluar angin yang tertutup oleh kasur sehingga kipas di laptop tidak berjalan dengan normal.

Kerusakan yang terjadi apabila sering menggunakan laptop diatas kasur adalah overheat atau bahkan kipas yang terdapat di dalam laptop tidak berfungsi sehingga harus menggantinya dengan yang baru, kipas di laptop tidaklah murah berkisar antara 100-500 ribu tergantung merk laptop kalian, belum lagi biaya service yang mungkin akan menambah harga perbaikan.

Alangkah baiknya jika kamu ingin menggunakan laptop diatas kasur gunakanlah buku atau penyangga agar laptop tidak kontak langsung dengan kasur, dengan cara ini laptop kamu akan aman dari kerusakan untuk jangka waktu yang panjang.

3. Jangan Terlalu Paksa Penggunaan Laptop

Berbeda dengan komputer yang dapat kamu nyalakan 24 jam nonstop, laptop tidak sekuat komputer, penggunaan laptop yang berlebihan akan mengakibatkan laptop menjadi overheat (panas berlebih) sehingga akan mengakibatkan sebagian komponen laptop menjadi rusak bahkan akibat terparah adalah meleleh sampai dengan ledakan.

Pakailah laptop sesuai kebutuhan, dan yang terpenting selalu hidupkan atau dipakai mengetik setiap hari agar keyboard laptop tidak gampang rusak, laptop yang jarang dipakai juga akan mengakibatkan kerusakan biasanya pada motherboard dan harga motherboard sangatlah mahal sebanding dengan harga laptop kamu saat pertama kali membeli tergantung merk dan spesifikasi laptop.

4. Shutdown Laptop Saat Bepergian

Terdengar sepele bagi sebagian orang namun salah satu penyebab rusaknya hardisk laptop adalah bepergian tanpa mematikan laptop, kok bisa bang ?

Laptop yang tidak dimatikan saat bepergian akan menyebabkan kerusakan hardisk karena saat hardisk laptop masih hidup akan terus bekerja sehingga yang ditakutkan piringan hardisk bisa tergores dan akan menyebabkan bad sector pada hardisk laptop kamu.

5. Jangan Langsung Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Terdengar sangat aneh bagi sebagian pengguna laptop yang kurang mengerti IT, sebenarnya menutup laptop setelah digunakan boleh-boleh saja asalkan laptop yang telah kamu gunakan masih dalam kondisi dingin atau memakainya di ruangan ber-AC, namun jika laptop kamu masih dalam keadaan hangat bahkan panas ditakutkan keyboard yang masih hangat menyentuh LCD sehingga akan menyebabkan kerusakan pada bagian LCD laptop anda.

Cara terbaik adalah cek terlebih dahulu suhu laptop apakah masih dingin atau malah sebaliknya, jika dirasa masih panas diamkan selama 30 menit sampai suhu laptop benar-benar dingin baru kamu tutup LCD laptop, dan cara tersebut akan membuat LCD laptop kamu aman dari kerusakan.

6. Beri Keamanan Antivirus dan Selalu Cek Virus Setiap Saat

Virus menjadi salah satu musuh terbesar laptop anda, virus yang terdapat di laptop akan mengakibatkan hilangnya data penting di laptop atau yang lebih parah dapat mengubah sistem laptop sehingga mengakibatkan laptop yang kamu miliki tidak bisa digunakan.

Solusi terbaik adalah pasang antivirus yang telah terbukti kemampuannya seperti Avira, Avast, dan sebagainya, cek juga setiap saat apakah ada virus yang bersarang di laptop kamu, lakukan juga pembersihan cache secara berkala agar kualitas laptop kamu sama seperti saat pertama kali dipakai.

7. Hati-Hati Dalam Melakukan Pengunduhan Software/Aplikasi

Aplikasi yang beredar luas di internet sangatlah tidak aman bagi keamanan laptop, apalagi hasil crack yang bisa saja dimasukkan trojan/virus untuk mengambil data pribadi kamu, namun ada beberapa tempat pengunduhan aplikasi yang saya rasa aman untuk kamu download seperti bagas31.

Solusi terbaik adalah mendownload aplikasi di website resmi pembuatnya dan membeli key aktivasi untuk membuka semua fitur premium yang dikunci oleh pihak pembuat.

8. Penggunaan Flashdisk/Hardisk External Secara Hati-Hati

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu bahwa virus itu menular, sama dengan virus di laptop yang sifatnya menular, penggunaan flashdisk dan hardisk external secara sembarangan tanpa memperhatikan keamanan barang tersebut akan mengakibatkan masalah yang fatal bagi device kita.

Flashdisk dan hardisk yang terkena virus akan menyebabkan device yang terhubung juga akan tertular virus tersebut, pengalaman ini pernah saya alami saat meminjam flashdisk teman dan akibatnya laptop saya juga terkena dampak dari virus tersebut.

9. Penggunaan Game Berat/Aplikasi Berat

Mungkin dari beberapa pengguna laptop ada yang memaksakan bermain game atau editing dengan aplikasi adobe premiere di laptop dengan spesifikasi yang tidak memungkinkan, hal tersebut sangatlah tidak disarankan karena dapat mengakibatkan overheat dan kebocoran baterai pada laptop kamu.

Akibat paling fatal dari penggunaan aplikasi berat di laptop spek rendah adalah kerusakan komponen sampai dengan ledakan, solusi terbaik adalah selalu mengimbangi spek laptop dengan penggunaan/kebutuhan sehari-hari.

10. Hindari Menyimpan Barang Berat Diatas Laptop

Menumpuk barang berat seperti buku kuliah atau novel diatas laptop sangat tidak disarankan bagi kamu pengguna laptop, LCD laptop yang rentan kerusakan akan mengalami dead pixel jika barang berat disimpan di atas laptop.

Selalu pisahkan laptop dengan barang yang dapat mengakibatkan kerusakan pada laptop anda jika ingin laptop berumur panjang.

11. Selalu Rajin Membersihkan Laptop

Nah tips terakhir ini tidak boleh ketinggalan, lakukan pembersihan secara berkala pada bagian penting seperti LCD, keyboard, sirkulasi udara, baterai dan jika kamu pandai membongkar laptop jangan lupa juga bersihkan bagian dalam.

Debu yang menempel di laptop akan mengakibatkan kerusakan keyboard pada laptop, selain itu kinerja laptop juga akan cepat menurun, akibatnya suhu laptop akan naik dibarengi peforma yang menurun.


Okelah sob sampai disini saja pembahasan menarik kita kali ini jangan lupa bagikan artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya, nantikan artikel menarik selanjutnya dan terimakasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "11 Tips Merawat Laptop Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel