HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin Dikabarkan Akan Diblokir, Cek IMEI Kamu Sekarang

HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin Dikabarkan Akan Diblokir, Cek IMEI Kamu Sekarang - Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) membuat aturan baru bahwa dalam beberapa bulan kedepan Handphone BM (Black Market) atau yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi dipastikan tidak akan mendapatkan sinyal operator jika digunakan di Indonesia.

Namun bukan berarti Handphone tersebut tidak dapat digunakan sama sekali tetapi hanya tidak akan mendapatkan sinyal dari semua operator di Indonesia, maka dari itu jangan panik terlebih dahulu, penandatanganan berkas tersebut akan ditandatangani pada bulan Agustus tepatnya di hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2019.

Namun Kemenkominfo belum memastikan kapan peraturan tersebut berlaku, tetapi menurut sebuah video di YouTube peraturan tersebut akan diberlakukan 3-6 bulan sejak penandatangan di tanggal 17 Agustus mendatang.

HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin Dikabarkan Akan Diblokir, Cek IMEI Kamu Sekarang

Untuk mengetahui apakah HP anda terdaftar di Kemenkominfo anda bisa mengeceknya melalui IMEI di HP anda lewat website resmi Kemenperin.

IMEI merupakan kode unik yang terdiri dari 15 angka/digit yang dimiliki oleh tiap transceiver perangkat telepon seluler.

Nomor identitas setiap dikeluarkan GSM Association untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel.

Perangkat ponsel yang memiliki dua kartu SIM dengan 2 transceiver memiliki dua nomor IMEI yang berbeda.

IMEI digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang mencoba tersambung dengan jaringan tersebut.

IMEI lantas didaftarkan ke Kemenperin saat ponsel hendak dijual di Indonesia dan dikumpulkan di database.

Nah, database inilah yang menjadi patokan apakan IMEI ponsel kita terdaftar atau tidak.

Berikut Cara Cek IMEI di Website Kemenperin :

1. Cara Cek IMEI di Ponsel

Untuk cara cek IMEI di ponsel caranya sangat mudah yaitu kamu tinggal mengetik *#06# di ponsel kamu dan nanti akan tertera 2 IMEI berbeda yang bisa kamu cek di website resmi Kemenperin.

Cara ini berlaku untuk beberapa merk Handphone seperti Iphone, Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Nokia dan merk HP lainnya.

2. Akses di Situs Resmi imei.kemenperin.go.id

Setelah anda mendapatkan nomer IMEI di ponsel anda dan menyalinnya, langkah selanjutnya anda menuju situs resmi Kemenperin atau imei.kemenperin.go.id.

Di website resmi Kemenperin telah disediakan kolom untuk mengecek IMEI ponsel anda apakah masuk kategori Handphone resmi atau ilegal.

3. Masukkan IMEI di Kolom yang Telah Disediakan, Lalu Klik Search

Setelah masuk di website resmi Kemenperin masukkan IMEI yang telah anda salin di kolom yang telah disediakan, jika Handphone anda terdaftar nantinya akan ada notifikasi bahwa situs anda telah terdaftar di website Kemenperin, namun jika di notifikasi terdapat bacaan tidak terdaftar maka Handphone anda dipastikan ilegal/tidak resmi masuk ke Indonesia.

Oke sob cukup sampai disini saja pembahasan menarik kita kali ini, jika kalian merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman anda agar yang lain dapat merasakan manfaatnya, sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya dan terimakasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin Dikabarkan Akan Diblokir, Cek IMEI Kamu Sekarang"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel