Lafaz Niat Bacaan Puasa Senin Kamis Terlengkap

Lafaz Niat Bacaan Puasa Senin Kamis Terlengkap - Puasa merupakan salah satu ibadah bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah sekaligus ikut merasakan susahnya orang fakir dalam mencari rezeki.

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang selalu Nabi Muhammad lakukan karena memiliki banyak keutamaan jika melaksanakannya terutama dalam mengendalikan hawa nafsu serta godaan syaitan.

Lafaz Niat Bacaan Puasa Senin Kamis Terlengkap

Berikut Beberapa Tata Cara Dalam Melaksanakan Puasa Senin Kamis yang Perlu Kamu Ketahui :

1. Niat Puasa Senin Kamis

Niat merupakan langkah yang wajib kamu lakukan, niat sebelum tidur agar saat sahur tidak lupa dalam membaca niat puasa.

نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ   سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :

Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Dan untuk bacaan niat puasa hari Kamis, bacaannya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ   صَوْمَ    يَوْمَ   الْخَمِيْسِ   سُنَّةً   للهِ    تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA

Artinya :

Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

2. Sahur 

Sahur dengan banyak meminum air putih untuk membuat tubuh tetap memiliki stamina hingga berbuka nanti, namun jika anda tipe orang yang malas bangun malam, tidak melaksanakan sahur juga tidak apa-apa asalkan kuat menahan lapar dan dahaga hingga waktu berbuka.

3. Menjalankan Puasa Dengan Tulus dan Ikhlas

Allah maha mengetahui mana hambanya yang tulus dalam menjalankan puasa dan hanya ingin meminta pujian dari orang sekitar, dan orang yang berpuasa hanya ingin meminta imbalan maka sia-sia puasa mereka karena yang didapat hanyalah lapar dan dahaga tanpa mendapatkan keutamaan dan pahala dari puasa yang dilakukan.

Doa Berbuka Puasa

Terdapat dua versi doa berbuka puasa yang sering kita dengar. Pertama seperti berikut :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allaahummalakasumtu Wabika Amantu Wa'ala Rizkika Aftortu Birohmatika yaa Arhamarra himiin"

Artinya :

"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Selanjutnya ada juga yang menggunakan doa berikut :

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

''Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah''

Artinya : 

"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki)."

Keutamaan Puasa

Keutamaan puasa Senin Kamis dan manfaat yang diperoleh dari berpuasa Senin Kamis.

Di antaranya adalah, Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan :

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Usamah bin Zaid berkata :

“Aku berkata pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab :

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Keistimewaan Puasa

Al Hafidz al-‘Aini mengatakan :

”Hadist ini bercerita tentang orang yang terbiasa melakukan amal ketaatan kemudian terhalangi (tidak bisa) mengamalkannya karena udzur, sementara niatnya ingin tetap merutinkan amal tersebut seandainya tidak ada penghalang.” (Umdatul Qori, 14/247)

Dan itulah keistimewaan orang yang beriman. Pahala rutinitas amal baiknya diabadikan oleh Allah. 

Al Muhallab mengatakan :

“Hadist ini sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur’an, Allah berfirman :

”Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh mereka mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus.” (QS. At Tin:6).

Okelah sob sampai disini saja pembahasan menarik kita kali ini jangan lupa bagikan artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya, nantikan artikel menarik selanjutnya dan terimakasih telah berkunjung ke blog kecil kami.

Belum ada Komentar untuk "Lafaz Niat Bacaan Puasa Senin Kamis Terlengkap"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel