Cara Mengaktifkan Fitur CUDA Support Pada Semua Versi Adobe Premiere Pro

Mengaktifkan Fitur CUDA Adobe Premiere - Adobe premiere pro merupakan salah satu software editing video terbaik buatan Adobe untuk windows karena memiliki banyak fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan pengguna saat mengedit video, fitur di adobe premiere pro juga tidak terdapat pada software editing video lainnya.

Dengan banyaknya fitur tersebut membuat software ini terbilang berat dan butuh spesifikasi PC mumpuni dengan graphics yang memiliki kecepatan tinggi serta processor yang cepat. Dengan spesifikasi PC mumpuni membuat proses editing dan rendering video menjadi nyaman dan cepat.

PC saya memiliki spesifikasi mumpuni, namun kok lama dalam proses rendering ? Perlu diketahui ada beberapa pengaturan dalam software adobe premiere pro yang harus diubah yaitu kompabilitas graphics, agar graphics cards bisa terbaca dan terintegrasi, maksudnya ada beberapa laptop atau PC yang masih belum bisa otomatis support dengan proses rendering menggunakan graphics dan processor, sehingga kemampuan rendering video hanya menggunakan kekuatan processor dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk proses rendering.

Cara Mengaktifkan Fitur CUDA Support Pada Semua Versi Adobe Premiere Pro

Masalah tersebut merupakan hal yang sangat wajar mengingat spesifikasi pada laptop tersebut belum masuk kategori (Tidak Support Graphics Cards), contoh saya menggunakan laptop HP seri 14-BW015AU dengan menggunakan graphics AMD Radeon(TM) R5, laptop tersebut tidak support graphics cards pada adobe premiere pro CC 2015, jadi saya menambahkannya sendiri secara manual agar support settingan tersebut.

Untuk mengecek apakah GPU kalian support atau tidak, kalian dapat masuk ke software adobe premiere pro di PC kalian dan gunakan cara dibawah ini.
  • Pergi ke bagian File di pojok kiri atas, dan klik tombol tersebut.
  • Lalu gulir ke bawah dan cari tombol Project Setting.
  • Selanjutnya klik tombol General.
Pada bagian Video Renderer dan Playback terdapat 2 pilihan engine, jika PC anda tidak support akan terlihat tampilan seperti ini.


Untuk menambahkannya sendiri secara manual, kamu dapat mengikuti beberapa cara dibawah ini agar proses rendering tidak hanya menggunakan processor namun juga mengandalkan dukungan graphics cards.

Baca Juga : Tutorial Edit Foto Keren Dengan Aplikasi Adobe Lightroom Mobile

Langkah Mengaktifkan CUDA Support Pada Adobe Premiere Pro :

1. Pergi ke File Location adobe premiere pro dengan cara klik kanan shortcut adobe premiere lalu tekan tombol Open File Location.


2. Setelah ada di folder lokasi file adobe premiere, tekan tombol SHIFT + Klik Kanan. Nantinya akan terdapat 2 pilihan yaitu Open Command Windows Here dan Open Command PowerShell Here. Silahkan kamu pilih opsi Open Command Windows Here.


3. Kamu akan diarahkan ke CMD (Command Prompt). dan ketikkan perintah "GPUSniffer" (Tanpa Tanda Petik). Jika GPU anda tidak support maka akan terlihat tampilan seperti ini.



4. Langkah selanjutnya dibagian Info akan terdapat tampilan seperti ini. 


Kamu Copy dibagian Name, disini Name saya adalah Stoney lalu saya Copy dan Paste pada Notepad.

5. Berikutnya kamu harus tahu Graphics Cards yang dipakai pada laptop atau PC kamu. Caranya tekan tombol Windows + R (Run), dikolom yang tersedia ketikkan "dxdiag".


6. Setelah ada di halaman DirectX Diagnostic Tool pergi ke menu Display dan disana terdapat Name Graphics Cards yang kamu pakai, karena saya menggunakan AMD jadi Name saya adalah AMD Radeon(TM) R5 Graphics. Copy info Graphics ke Notepad.



7. Save As info yang telah disalin ke Notepad, beri nama Cuda_Supported_Cards dengan format TEXT.


8. Copy file CUDA tersebut ke File Location adobe premiere pro, jika ada notifikasi klik Continue saja.


9. Sekarang pergi ke adobe premiere pro kembali dan coba lihat hasil settingan GPU pada laptop kalian apakah berhasil atau tidak. Alhamdulillah disini saya telah berhasil menerapkannya. Tampilannya akan seperti ini.


Mengaktifkan fitur CUDA (Compute Unified Device Architecture) support ini memiliki banyak manfaat bagi kenyamanan proses editing video dan berikut beberapa manfaatnya :
  • Mempercepat proses rendering video hingga 2-3 kali lipat karena telah menggunakan kekuatan processor beserta GPU pada PC kalian.
  • Menambah peforma saat editing agar tidak mengalami Lag (Patah-Patah).
  • Menambah kenyamanan saat edit video sehingga hasil yang didapat pasti memuaskan.

Kesimpulan 

Mengaktifkan fitur CUDA akan mempercepat waktu kerja kalian pada bagian render video, yang awalnya butuh waktu 11 menit untuk video 1 menit kini hanya perlu waktu 4 menit saja pada laptop dengan spesifikasi Low End seperti saya apalagi pada laptop kelas High End mungkin akan lebih optimal.

Nah, bagaimana ? Sekarang kalian sudah tau kan cara mengaktifkan fitur CUDA Support pada adobe premiere pro untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  Karena jika kalian tidak mengaktifkan fitur tersebut proses render video akan berjalan sangat lama dan kenyamanan ngedit video akan terganggu. Selamat Mencoba !

1 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur CUDA Support Pada Semua Versi Adobe Premiere Pro"

  1. iklannya kenapa kok blank mas......... tgl 10 oktober bw yuk blog gue

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel