SNMPTN Gagal ! Jangan Putus Asa, Berikut 8 Jalur Masuk PTN

SNMPTN Gagal ! Jangan Putus Asa, Berikut 8 Jalur Masuk PTN - SNMPTN telah usai, banyak dari kamu yang merasa sangat kecewa dengan hasil yang di dapat dan ada yang merasa bangga serta bersyukur dengan hasil yang memuaskan.

Peserta SNMPTN semakin banyak seiring bertambahnya tahun, untuk tahun 2019 saja sebanyak 478.608 perserta yang mengikuti jalur tersebut dan yang berhasil lolos hanya sekitar 92.331 dari seluruh sekolah se-Indonesia.

Jika kamu gagal di jalur SNMPTN jangan khawatir dan putus asa dulu karena masih banyak jalur untuk masuk PTN impian yang bisa kamu ikuti.


Jalur masuk PTN


Berikut 8 Jalur Masuk PTN yang Bisa Kamu Ikuti :

1. SNMPTN

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dimana jalur ini menjadi jalur favorit/dambaan semua pelajar yang baru lulus dari masa putih abu-abu dan akan melanjutkan kuliah di PTN impiannya, jalur SNMPTN cocok untuk anak SMA karena setiap tahun lebih banyak anak SMA yang lolos daripada SMK dan MA.

Jalur SNMPTN menjadi jalur favorit karena di jalur ini peserta yang ikut tidak perlu mengikuti tes terlebih dahulu, cukup menyerahkan nilai raport dari semester 1 s/d 5. Namun kuota untuk mengikuti SNMPTN di satu sekolah terbatas jadi yang dapat ikut hanya siswa yang pernah masuk peringkat 10 besar di kelasnya.

Kriteria untuk lolos di SNMPTN sulit di prediksi tapi banyak yang bilang bahwa untuk lolos di jalur tersebut nilai dari semester 1 s/d 5 harus mengalami kenaikan meski hanya sedikit, jadi jika ada penurunan nilai kemungkinan untuk lolos kecil.

Namun kriteria diatas tidak akurat 100% pasalnya saya sendiri mempunyai nilai yang terus meningkat hingga semester 6 tapi saya gagal di jalur tersebut, berbalik hal dengan teman saya yang nilainya selalu merosot persemesternya namun lolos di UPN Jatim dengan jurusan Teknik Sipil, jadi penilaian kelulusan SNMPTN masih menjadi misteri bagi siswa yang akan mengikutinya.

Banyak juga dari pemenang lomba OSN tingkat Nasional bahkan Internasional juga gagal dalam jalur SNMPTN tersebut jadi buat kalian jangan terlalu berharap pada jalur ini, persiapkan SBMPTN dari sekarang dan mulai giat belajar.

Sedikit tips dari saya di jalur SNMPTN kamu harus pintar memilih Universitas dan jurusan yang jarang peminat itu jika nilai kamu tidak memuaskan atau mengalami penurunan persemesternya, saya sendiri kemarin salah memilih jurusan, jurusan yang saya pilih yaitu Teknik Informatika dimana peminatnya sangat banyak/ketat jadi peluang lolos sangatlah kecil.

2. SBMPTN

Jalur ini disebut sebagai jalur kejujuran karena di jalur ini kamu harus berjuang keras untuk dapat lolos di Tes tersebut, jalur SBMPTN adalah jalur yang harus mengikuti Tes terlebih dahulu sebelum dapat memilih jurusan yang diinginkan. Peserta yang mengikuti jalur SBMPTN harus mendaftar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) terlebih dahulu untuk mendapatkan nilai, nilai tersebut nantinya yang akan menentukan peluangmu lolos di PTN impian pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Peserta yang telah lolos di jalur SNMPTN di larang mengikuti jalur SBMPTN namun masih diperbolehkan mengikuti UTBK, nilai yang didapat nantinya akan sia-sia jika ada peserta yang lolos di jalur SNMPTN tapi masih mengikuti Tes UTBK, namun bagi mereka yang gagal di jalur SNMPTN masih bisa ikut UTBK sekaligus SBMPTN.

Biasanya pada saat Tes UTBK peserta diberi peraturan khusus oleh pihak panitia, jadi jika kamu melanggar kemungkinan untuk lolos kecil bahkan akibat yang paling fatal yaitu Diskualifikasi, Berikut beberapa peraturan yang harus kamu patuhi saat Tes UTBK :
  • Berpakaian sopan dan rapi saat mengikuti Tes UTBK (Kemeja dan Celana Panjang).
  • Dilarang menyontek, menanyakan apapun kepada teman sekitar yang berhubungan dengan pelaksanaan Tes UTBK.
  • Dilarang membawa handphone, kalkulator, logaritma, ataupun alat bantu yang berhubungan dengan Tes UTBK.
  • Peserta dilarang meninggalkan tempat berlangsungnya Tes sebelum waktu habis dan panitia mengizinkan peserta keluar, kecuali jika ada kepentingan seperti ke kamar mandi, dll.
  • Peserta dilarang mengerjakan Tes UTBK milik orang lain.
Sedikit tips untuk kamu agar lolos di jalur SBMPTN yaitu pintar merasionalkan nilai yang di dapat dari Tes UTBK dengan mencari Universitas dan Jurusan yang cocok dengan nilai kamu, jadi optimalkan kesempatan yang ada ya sob !!!

3. SPAN PTKIN

SPAN PTKIN adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jalur SPAN PTKIN sama dengan jalur SNMPTN yaitu jalur tanpa tes, dengan melihat nilai raport semester 1 s/d 5, jalur SPAN PTKIN cocok bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan keagamaan, bedanya dengan SNMPTN yaitu di kuota siswa, jika di SNMPTN hanya siswa yang pernah masuk peringkat 10 besar di kelas, berbeda dengan SPAN PTKIN yang memperbolehkan semua siswa untuk mengikutinya.

Jalur SPAN PTKIN lebih melihat nilai keagamaan waktu di SMA, MA, dan  SMK, jadi jalur ini cocok bagi siswa lulusan MA karena mapel di sekolah dicampur dengan keagaaman, terbukti dari tahun ketahun kebanyakan siswa MA yang lebih banyak lolos daripada siswa SMA dan SMK.

4. UM PTKIN

Jalur UM PTKIN memiliki kesamaan dengan jalur SBMPTN namun bedanya jalur ini khusus untuk siswa yang ingin kuliah jurusan keagamaan di UIN/IAIN di seluruh Indonesia, selain itu Tes UM PTKIN dilaksanakan serentak berbeda dengan jalur SBMPTN yang Tes UTBK dilaksanakan sesuai jadwal/gelombang.

Peraturan untuk mengikuti Tes UM PTKIN mungkin tidak jauh berbeda dengan Tes UTBK, mungkin berbeda karena lebih banyak soal keagamaan daripada soal umum. biaya untuk pendaftaran Tes UM PTKIN sama dengan SBMPTN yaitu sebesar Rp200.000.

5. PMDK PN

Anak teknik mungkin sudah mengenal lebih dulu jalur yang satu ini. PMDK PN (Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri) merupakan salah satu jalur khusus siswa yang ingin kuliah jurusan teknik di seluruh Politeknik se-Indonesia. Sama dengan SNMPTN dan SPAN PTKIN jalur PMDK PN juga termasuk jalur tanpa tes dengan melihat nilai raport semester 1 s/d 5.

Piagam berperan sangat penting untuk menambah nilai agar lolos di jalur ini, banyak siswa yang memiliki nilai raport pas-pasan namun di terima di Politeknik unggulan dengan dibantu oleh beberapa Piagam yang mereka dapat, Jurusan ini lebih cenderung untuk siswa SMK daripada siswa SMA dan MA, pasalnya di SMK terdapat pelajaran khusus kejuruan yang menjadi nilai lebih bagi siswa SMK, terbukti dari tahun ke tahun siswa SMK yang lebih banyak diterima bahkan teman saya mendapat beasiswa dengan nilai yang jauh dari kata siswa unggulan, namun berkat sertifikat dan keterampilan yang dia punya, dia berhasil lolos di Politeknik impian dengan predikat memperoleh beasiswa.

6. UMPN

UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) merupakan jalur tes yang diadakan Politeknik seluruh Indonesia bagi siswa lulusan SMA, SMK, dan MA yang ingin melanjutkan kuliah jurusan Teknik, Biaya pendaftaran UMPN sama dengan SBMPTN dan UM PTKIN yaitu sebesar Rp200.000.

Tes UMPN sama dengan Tes SBMPTN namun bagi siwa jurusan IPS agak susah untuk mengikuti Tes tersebut pasalnya soal yang diujikan termasuk mapel anak IPA jadi butuh usaha ekstra bagi anak IPS yang ingin mengikuti jalur UMPN.


7. Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang ada ikatan dengan lembaga pemerintah / kementrian sebagai penyelenggara pendidikan. PTK menawarkan kuliah dengan biaya terjangkau dan beberapa ada yang gratis serta mendapatkan uang saku setiap bulan, beberapa diantaranya diterapkan program semi militer. PTK berbeda dengan PTN, di PTK mahasiswa akan kuliah dan setelah lulus dapat langsung bekerja sebagai pegawai negara atau dapat dibilang PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Untuk dapat lolos di PTK kamu harus memiliki nilai yang baik sejak SMA dan dituntut mendapatkan nilai baik juga setelah lolos di jalur ini. jalur ini juga cocok bagi anak yang ekonomi keluarga tidak memungkinkan karena kebanyakan PTK menetapkan biaya gratis serta uang saku perbulan, kamu juga tidak perlu ribet lagi untuk mencari kerja setelah lulus karena pemerintah sudah menyediakan kursi kerja bagi mahasiswa yang telah lulus.

8. Mandiri

Mendengar Tes Mandiri banyak calon MABA yang masih berfikir 2 kali untuk mengikuti jalur Tes Mandiri pasalnya biaya saat kuliah terbilang besar, kamu harus membayar uang pangkal terlebih dahulu dan UKT persemester yang terbilang agak mahal.

Untuk biaya pendaftaran Tes, uang pangkal, dan UKT ditetapkan oleh Universitas yang ingin kamu pilih, contoh saja di UIN Maliki Malang biaya pendaftarannya sekitar Rp300.000, Namun jika kamu ikut Tes Mandiri peluang untuk lolos sangat besar namun biaya kuliah mahal, bagi kamu yang mempunyai orang tua berkecukupan tidak masalah namun bagi mereka yang hidupnya pas-pasan masih berpikir panjang untuk mengikuti Tes tersebut.


Penutup

Okelah sob... sampai disini saja penjelasan mengenai 8 jalur masuk PTN yang bisa kamu ikuti, intinya coba saja semua jalur diatas karena tidak asa salahnya berusaha, jika gagal jangan putus asa dulu karena skenario Allah adalah yang terbaik bagi hamba-Nya. semangat untuk menimba ilmu dan yakin bahwa kesuksesan ada di hadapanmu.

Nantikan artikel menarik lainnya ya sob... Jika kamu suka dengan artikel diatas silahkan di bagikan agar yang lain dapat merasakan manfaatnya, terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa.

Belum ada Komentar untuk "SNMPTN Gagal ! Jangan Putus Asa, Berikut 8 Jalur Masuk PTN"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, maka Admin akan memberikan jawaban yang lebih sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel