Cara Kembalikan (Pulihkan) Akun Instagram Di Blokir atau Banned

Cara Kembalikan Akun Instagram Di Blokir atau Banned - Halo sobat apa kabar? Pastinya semoga sehat dan selalu produktif, apakah kalian punya akun instagram? Pastinya pada zaman modern ini instagram bukan lagi menjadi media sosial untuk pamer foto-foto keren namun juga menjadi media penghasil uang.

Menjadi media sosial paling banyak digunakan setelah facebook membuat instagram menjadi peluang besar untuk meraih kesuksesan dan berinteraksi dengan banyak orang, namun bagaimana jika akun instagram yang telah menghasilkan banyak uang di blokir atau banned? Jangan panik dulu sob karena permasalahan tersebut pasti ada penyelesaiannya dan akan dibahas di artikel kali ini. Oke kita langsung simak pembahasannya di bawah ini.


Cara Kembalikan Akun Instagram Di Blokir atau Banned

Baca Juga : 6 Aplikasi Edit Foto dan Video Kekinian Ala Selebgram


Ketentuan pengguna instagram

  • Pengguna instagram harus berusia 13 tahun keatas.
  • Tidak boleh upload foto kekerasan, pornografi, foto yang melanggar hukum, pelanggaran, dan foto yang memuat ujaran kebencian.
  • Dilarang menggunakan instagram untuk main spam.
  • Mengumpulkan followers sebanyak-banyaknya dengan cara ilegal.
  • Dilarang memberi komentar yang tidak pantas (negatif).
Dan untuk ketentuan pengguna instagram selengkapnya kamu bisa lihat di Pusat Bantuan Instagram.

Penyebab akun instagram di blokir atau banned

Sebelum kamu mencari penyelesaiannya pastikan bahwa kamu tahu permasalahannya, berikut beberapa faktor penyebab akun instagram di blokir dan banned.
  • Sering melakukan spam : Coba ingat-ingat lagi apakah Anda pernah melakukan spam secara berlebihan sehingga membuat akun terbanned? Spam ini meliputi komentar terlalu banyak, posting foto terlalu banyak, dan like secara berlebihan dalam singkat waktu, biasanya pihak instagram hanya akan memberikan peringatan jika hanya dilakukan 1 kali namun perlu diwaspadai jika Anda mengulanginya kembali karena dampaknya akan lebih fatal.
  • Dilaporkan banyak akun : Menyinggung perasaan orang lain dengan berkomentar negatif dapat menimbulkan akun kamu dilaporkan dan berujung pemblokiran, perlu di ingat bahwa instagram kini memiliki fitur laporkan yang sangat berguna jika ada akun yang semena-mena dan berkelakuan buruk, hal ini dibuat agar pemilik akun kapok dan tidak mengulangi tindakan tersebut kembali, jadi gunakan media sosial dengan hal yang positif ya sob.
  • Penggunaan autofollow dan like : Pasti dari sekian banyak pengguna instagram ingin memiliki pengikut yang banyak dengan cara cepat termasuk kamu kan? ya kini banyak akun dengan follower banyak namun tidak sebanding dengan likenya ataupun sebaliknya, penggunaan autolike dan follow memang terlihat bagus agar tampilan instagram lebih baik dengan banyak pengikut serta like namun seiring berjalannya waktu tools semacam itu rawan bagi akun kamu pasalnya instagram selalu update untuk menambah keamanan aplikasi buatannya, jadi hati-hati dengan autolike dan follow yang dapat menyebabkan akun instagram kesayanganmu terblokir.

Tahap mengembalikan akun instagram yang di blokir atau banned

Di tahap ini saya akan memberi tahu kalian cara mengembalikan akun yang telah banned atau terblokir sementara maupun permanen, termasuk akun yang di blokir teman atau dinonaktifkan pihak instagram, berikut langkahnya.

1. Langkah awal masuk ke instagram di smartphone atau laptop dan login ke akun yang telah di blokir dengan menggunakan username serta password yang sama. jika sudah maka biasanya akan muncul notifikasi yang bertuliskan "Akun Anda telah dinonaktifkan karena melanggar ketentuan kami. Pelajari cara Anda dapat memulihkan akun Anda" lalu klik tombol "Selengkapnya".


2. Selanjutnya kamu cari tulisan "Hubungi kami" dan klik pernyataan tersebut.


3. Berikutnya muncul pertanyaan sebagai berikut.

Apakah akun ini digunakan untuk mewakili bisnis, produk, atau layanan saya?
Pilih saja sesuai akun instagram kamu, jika akun pribadi pilih saja "tidak" dan "iya" jika merupakan akun sebuah bisnis dan produk.



4. Nantinya akan tersedia beberapa form yang harus diisi mulai dari nama lengkap, nama pengguna (username), dan alamat email yang digunakan pada akun tersebut, isi dengan lengkap dan benar karena jika diisi dengan identitas palsu maka akan cepat ditolak dan akun instagram dipastikan tidak dapat kembali, isi juga negara asal anda lalu klik "kirim".



5. Cek email yang kamu gunakan pada saat melakukan banding dan cek pesan yang masuk, kurang lebih isi pesannya seperti dibawah ini.



6. Balas email dari instagram dengan cepat, lengkapi apa yang menjadi syarat dalam email tersebut seperti :

  • Menyertakan kode di atas yang ditulis tangan dalam selembar kertas bersih, diikuti dengan nama lengkap dan nama pengguna Anda.
  • Secara jelas menampilkan kode dan wajah Anda.
  • Dilampirkan dalam balasan dengan format file JPEG.
Harap diingat bahwa jika akun ini tidak memuat gambar Anda atau digunakan untuk mewakili orang atau hal lain, pihak instagram tidak dapat membantu hingga foto yang memenuhi persyaratan dikirim.

Tunggu 2 sampai 3 hari hingga kamu mendapatkan email balasan konfirmasi dari tim instagram. Bila akun instagram kamu telah berhasil di pulihkan, kamu akan menerima email konfirmasi dari tim instagram yang berisi "Akun Anda telah di aktifkan ulang dan sekarang Anda akan dapat mengaksesnya. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, buka pusat bantuan...".

Jika mendapat email balasan seperti diatas tandanya kamu telah berhasil melewati proses pemulihan akun instagram yang di blokir dan bisa digunakan seperti biasanya, login dengan menggunakan username dan password yang sama seperti sebelumnya.

Penyebab akun instagram tidak dapat di pulihkan kembali

  1. Kode yang disalin, nama pengguna, dan nama lengkap mungkin ditulis salah.
  2. Kode yang disalin, nama pengguna, dan nama lengkap buram (tidak jelas).
  3. Kualitas kamera yang jelek menyebabkan foto menjadi kabur dan kurang jelas.
  4. Foto yang dikirim palsu (bukan foto sendiri) atau mungkin sudah diedit.
Penting untuk diketahui bahwa akun yang pernah di banned dan kembali pulih sangat rawan untuk kembali terbanned permanen artinya tidak bisa kembali di pulihkan meski telah mengajukan banding pemulihan, jadi kamu harus lebih berhati-hati dan jangan ulangi kesalahan yang lalu.


Penutup

Itulah beberapa langkah untuk memulihkan instagram yang terblokir beserta penyebab instagram di blokir, jangan lupa untuk share tips ini jika bermanfaat bagi kamu supaya yang lain juga dapat merasakan manfaatnya dan terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan via Email