Cara Mempercepat Loading Iklan Google Adsense di Blog Menggunakan Lazy Load dan ASinkron

Cara Mempercepat Loading Iklan Adsense di Blog - Iklan Google Adsense menjadi pendapatan utama semua Blogger dari menulis artikel. Banyak sekali keluhan mengenai loading iklan Google Adsense yang lelet dan berujung sedikitnya pendapatan atau penurunan. Oleh karena itu para publisher harus dapat memutar otak untuk mengatasi masalah loading iklan Adsense.

Namun meski iklan Google Adsense yang cepat kadang loading blog yang lelet karena kebanyakan script JS pada blog yang disebabkan oleh iklan. Oleh karena itu kecepatan blog perlu juga dipertimbangkan dengan memasang script Lazy Load Adsense atau bisa dengan mengurangi kode JS pada iklan.

Cara Mempercepat Loading Iklan Google Adsense di Blog Menggunakan Lazy Load dan ASinkron

Nah di artikel kali ini Amatiterus.com akan membagikan cara mempercepat loading iklan Google Adsense di blog dan juga mempercepat loading blog menggunakan Lazy Load. namun bagi kalian yang masih belum tahu mengenai apa itu Lazy Load berikut penjelasan lengkapnya.

Lazy Load Adsense adalah suatu kode/script yang dapat mengkompres iklan pada blog dan nantinya iklan yang tampil di blog tidak langsung muncul kecuali blog telah digulir ke bawah. Lazy Load ini kemungkinan akan mengurangi pendapatan Adsense namun berguna untuk mempercepat blog.

 Cara Memasang Lazy Load di Blog untuk Mempercepat Loading Blog

Untuk cara memasang Lazy Load di blog silahkan Anda simak langkah-langkah di bawah dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan pada template blog.
  • Setelah ada di dashboard pergi ke menu Tema.
  • Lalu klik tombol edit HTML.
  • Cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; kemudian copy kode dibawah ini dan letakkan diatas kode tersebut.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>
  • Jika Anda telah memasang unit iklan Adsense otomatis atau manual Anda cari terlebih dahulu kode iklan tersebut dan hapus kode JS. Kode diatas sudah memiliki kode JS jadi tidak usah dipasang terlalu banyak cukup 1 saja. Untuk contoh kodenya bisa dilihat dibawah ini.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
  • Selanjutnya Anda simpan Tema setelah semua kode JS pada iklan Adsense telah dihapus dan lihat hasilnya di blog.

Pertanyaan Seputar Lazy Load Adsense

Ada banyak pertanyaan seputar Lazy Load yang masih saya temukan di media sosial ataupun grup WhatsApp dan Telegram. dan berikut beberapa pertanyaan yang saya temukan.
  • Apakah Script Lazy Load di Blog Dapat Mengurangi Pendapatan?
Dengan memasang Lazy Load di blog otomatis iklan tidak akan muncul kecuali jika halaman di gulir terlebih dahulu. Jadi dapat dipastikan klik iklan akan sedikit dan penghasilan juga akan mengalami penurunan. Saya sendiri juga sudah pernah menggunakannya dan benar saja penghasilan mengalami penurunan dari biasanya.
  • Apakah Script Lazy Load di Blog Berakibat Banned Adsense?
Script Lazy Load Adsense tidak akan membuat sebuah blog mengalami banned iklan Adsense namun hanya saja akan mengalami penurunan pendapatan. Script ini akan membuat blog menjadi bagus karena loading blog yang cepat.

Cara Mempercepat Loading Iklan Google Adsense dengan Menggunakan Script ASinkron

Cara ini merupakan cara yang dapat meningkatkan pendapatan Adsense karena dapat mempercepat muncul iklan Adsense. Dengan menggunakan satu kode ASinkron pada Adsense dapat memuat iklan lebih cepat karena jika kode ASinkron dipasang semua pada unit iklan hanya akan memperberat tampilnya iklan dan kecepatan blog. Satu unit kode ASinkron sudah dapat mewakili semua unit iklan Adsense. Untuk langkah pemasangannya sebagai berikut.
  • Setelah ada di dashboard pergi ke menu Tema.
  • Lalu klik tombol edit HTML.
  • Copy kode ASinkron Adsense dibawah ini.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
  • Simpan kode diatas dibawah kode </b:skin> 
  • Untuk unit iklan hapus semua kode ASinkron diatas agar script Lazy Load berfungsi dengan baik.
  • Save Tema dan lihat hasilnya.

Mana Bagus Antara Script Lazy Load dengan ASinkron untuk Blog?

Dalam segi ini saya tidak bisa membandingkan karena cara pandang seseorang itu berbeda-beda namun sebagai gambaran untuk meningkatkan penghasilan Adsense maka Anda pasang saja kode ASinkron di blog. Namun bagi kalian yang lebih mementingkan kenyamanan pengunjung dan kecepatan blog lebih baik memasang kode Lazy Load.

Kesimpulan 

Kedua cara diatas sama-sama bagus untuk blog dari segi yang berbeda dan tidak mengakibatkan banned pada Iklan Google Adsense. Anda dapat memilih cara yang pas untuk dipasang di blog Anda dengan pertimbangan yang sudah matang.

Okelah sob itu saja mengenai cara mempercepat loading iklan Google Adsense di Blog Menggunakan Lazy Load dan ASinkron. Share artikel ini jika bermanfaat agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya dan terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan via Email