5 Inspirasi Ide Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Karyawan

Mengandalkan gaji sebagai seorang karyawan dirasa masih kurang untuk memenuhi kebutuhan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, diperlukan usaha sampingan agar semua kebutuhan terpenuhi. Namun tak semua usaha sampingan dapat dijalankan oleh seorang karyawan.

Pasalnya, karyawan terikat dengan jam kerja serta peraturan dari instansi. Di bawah ini terdapat rekomendasi ide usaha yang cocok untuk karyawan.

Ide Usaha Sampingan

Seperti dilansir melalui situs https://bukuwarung.com/ide-usaha-sampingan-untuk-karyawan, semua usaha ini memerlukan modal yang tidak besar, serta dapat dijalankan berdampingan dengan pekerjaan utama.

5 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan

1. Menjual Pulsa Elektrik

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, pulsa dan kuota internet menjadi kebutuhan utama. Hampir semua orang membutuhkan pulsa di samping kebutuhan pokok seperti sandang, papan, dan pangan. Dengan kondisi seperti ini, bisnis pulsa diprediksi akan sangat menguntungkan.

Untuk menjual pulsa, Anda hanya memerlukan modal untuk deposit serta ponsel. Anda pun tak perlu menyewa ruko karena target pasarnya adalah rekan-rekan kerja Anda di perusahaan. Sebaiknya Anda tak mengizinkan para pelanggan untuk utang supaya bisnis tetap bisa berjalan.

2. Menjual Makanan Sarapan

Menyantap sarapan wajib dilakukan sebelum mulai bekerja di pagi hari. Namun tak banyak karyawan yang sempat untuk memasak atau membeli makanan sebelum berangkat bekerja. Hal sederhana seperti ini ternyata dapat menjadi peluang bisnis yang bagus.

Cobalah untuk menjual makanan sarapan. Untuk mencegah kerugian, sebaiknya Anda menggunakan sistem pre order. Jadi, pesanan makanan ditampung terlebih dahulu baru dimasak dan dijual keesokan harinya.

3. Berjualan Online

Situasi pandemi seperti yang terjadi belakangan ini sedikit banyak mengubah perilaku masyarakat, termasuk dalam hal berbelanja. Kebanyakan orang lebih memilih untuk belanja online. Jangan lewatkan kesempatan yang terbuka lebar seperti saat ini.

Membuka toko online menjadi ide yang cemerlang untuk memanfaatkan perubahan perilaku masyarakat ini. Tak perlu repot-repot membuat website toko online sendiri, kini Anda bisa memanfaatkan marketplace yang sudah tersedia.

Anda hanya perlu menyiapkan foto dan juga deskripsi produk yang ingin Anda jual. Tidak punya modal besar? Anda bisa menerapkan sistem dropship yang tidak memerlukan modal sama sekali. Jangan lupa juga untuk mencatat keuangan harian dari hasil berjualan online nya, ya!

4. Penerjemah

Ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan adalah membuka jasa translator atau penerjemah. Seiring dengan pesatnya globalisasi, penggunaan bahasa asing pun semakin meningkat. Kebutuhan penerjemahan dokumen juga turut mengalami peningkatan.

Manfaatkanlah kemampuan bahasa asing Anda untuk memulai jasa penerjemah. Carilah informasi terlebih dahulu sebelum menentukan harga jasa. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda mendapatkan bayaran yang layak.

Klien bisa Anda dapatkan melalui website freelancer atau melalui grup komunitas. Jangan pernah putus asa untuk mendapatkan pelanggan. Seiring dengan pengalaman Anda yang semakin banyak, biaya jasa pun bisa dinaikkan.

5. Makelar Properti

Kalau Anda memiliki kemampuan untuk melakukan negosiasi dan pandai membuat orang merasa tertarik, bisnis makelar properti sepertinya perlu dicoba. Apakah di sekitar Anda terdapat sebuah perumahan atau apartemen baru, atau rumah yang akan dijual? 

Cobalah hubungi pemilik hunian tersebut dan tawarkan jasa makelar Anda. Jika Anda berhasil mendapatkan pembeli, komisi jutaan pun akan masuk ke kantong Anda. Menarik, bukan?

Anda juga tak memerlukan modal yang besar untuk menjalankan usaha ini. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah informasi sebanyak mungkin tentang properti yang akan dijual, kemampuan bicara yang baik, kesabaran, serta uang untuk transportasi.

Di antara lima inspirasi ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan di atas, manakah yang paling potensial untuk Anda jalankan? Pilihlah bidang yang memang benar-benar Anda sukai agar tidak menjadi beban.

Berlangganan via Email